Tips Pakai Batik Dari Nongkrong di Kafe Sampai Main di Pantai! | GUDBOI

Tips Pakai Batik Dari Nongkrong di Kafe Sampai Main di Pantai!

By  |  0 Comments

Yang namanya batik itu sangat dekat hubungannya dengan kata kondangan. Kalau saya pikir-pikir, kenapa ya bisa begitu? Rasanya jaman dahulu batik digunakan dimana-mana, untuk berbagai kegiatan. Tidak hanya untuk kondangan saja.



Batik jaman dahulu – https://ngalam.co/2015/12/01/mengenang-jalur-trem/

Namun sekarang, tidak jarang ketika kita menggunakan batik ke tempat-tempat selain ke kondangan atau ke kantor, teman kita langsung nyeletuk “pake batik, rapih banget? Mau ke kondangan bro?” Memang tanpa ada maksud menghina ya. Namun apabila kita teliti lebih jauh, ternyata ada masalah disini. Masalahnya adalah batik terlalu identik dengan suatu kegiatan yang bernama kondangan, saking identiknya sampai-sampai berkesan bahwa penggunaan batik selain untuk kondangan adalah suatu kejanggalan.

Batik digunakan saat kondangan – http://caraberhijab.net/model-baju-batik-pesta-modern/

Jadi sebenarnya kenapa? Pada kenyataannya, ini berhubungan dengan motif batik itu sendiri. Motif batik yang diproduksi kebanyakan memiliki motif yang bernuansa kultural. Tergantung darimana asal batik itu, maka motif yang dihasilkan akan identik dengan budaya daerah tersebut. Sayangnya, batik bernuansa daerah ini dianggap terlalu formal dan rumit oleh masyarakat luas, terutama anak muda. Sehingga apabila digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang lebih santai akan terlihat aneh dan janggal. Bayangkan, kalau kamu menggunakan batik untuk pergi ke pantai, pasti rasanya aneh kan?

Hal inilah yang menyebabkan batik lebih identik dengan kegiatan formil, seperti kondangan, pergi ke kantor, meeting, dan acara-acara penting lainnya. Fenomena ini berubah menjadi sebuah peraturan tidak tertulis di masyarakat bahwa yang namanya batik itu memang cocoknya digunakan untuk kegiatan-kegiatan formal. Ini terbukti dari banyaknya tamu-tamu yang datang ke acara pernikahan menggunakan batik. Serta minimnya atau absennya pengguna batik saat kita berkunjung ke mall, jalan-jalan di pantai atau sekedar ngopi-ngopi di kafe.

Lalu bagaimana dengan kamu yang ingin menggunakan batik untuk kegiatan-kegiatan yang lebih santai? Berikut ini saya berikan beberapa tips untuk menggunakan batik untuk kegiatan casual.

  1. Batik Dengan Warna Yang Cerah

Batik warna cerah untuk ke pantai – https://www.pemoeda.co.id

 Salah satu alasan kenapa batik itu terkesan formal adalah warnanya yang cenderung gelap. Biasanya batik itu kalau tidak cokelat tua, ya hitam, atau merah tua. Pokoknya warna-warna gelaplah. Nah, untuk acara yang lebih santai kamu bisa akali dengan menggunakan batik yang warnanya lebih cerah, sehingga terkesan lebih santai dan ceria.

  1. Carilah Motif Yang Tidak Rumit

Batik motif simple – https://www.pemoeda.co.id

Ini merupakan salah satu alasan lain kenapa batik itu terlihat aneh kalau digunakan untuk kegiatan yang lebih santai. Motif batik itu pada umumnya terlihat rumit, dan kerumitan ini justru menjerumuskan kamu kepada kesan serius. Agar terlihat lebih santai, coba kamu cari batik yang motifnya tidak rumit. Carilah batik dengan motif yang tidak padat, tapi yang motifnya lebih jarang serta berulang-ulang. Sehingga kamu bisa mendapatkan kesan yang lebih santai.

  1. Kombinasikan Dengan Celana Pendek Atau Sandal

Batik dan celana pendek – https://www.pemoeda.co.id

Celana pendek sudah pasti memberikan kesan yang ‘santai’, sehingga bila dikombinasikan dengan batik yang sesuai akan memberikan kesan ‘pantai’. Begitu juga sandal. Dengan setelan ini kita bisa menggunakan batik ke acara acara yang jauh lebih santai. Cocok untuk jalan-jalan di pantai.

  1. Gunakan Aksesoris Yang Sesuai 

Aksesoris penunjang – https://www.pemoeda.co.id

Gunakanlah aksesoris yang santai juga. Contohnya seperti ikat pinggang sulaman, dompet dan jam tangan kulit yang sudah sedikit lusuh, dan beberapa gelang untuk menambah kesan santai namun tetap berkelas. Bisa juga ditambah dengan tas selempang yang sedang hype saat ini.

  1. Mainkan Panjang Lengan & Jenis Kerah

Panjang lengan memberikan efek yang signifikan ketika berbicara tentang formal vs casual. Apabila anda menggunakan batik lengan panjang, maka anda bisa melipat lengan batik tersebut, untuk memberikan kesan sedikit lebih bebas. Idealnya anda menggunakan batik lengan pendek, karena lengan pendek memang lebih identik dengan kesan santai.

Lalu anda juga bisa bermain pada kerah. Carilah batik dengan kerah Hawaii, atau Pyjama Collar. Kerah jenis ini memberikan kesan “main-main” secara sangat signifikan. Sehingga anda bisa mendapatkan casual look yang anda idam-idamkan dengan batik.

Nah itulah tadi tips-tips untuk menggunakan batik untuk kegiatan-kegiatan yang lebih santai. Tentunya, sebagai anak muda kita wajib ikut melestarikan batik, sehingga batik dapat hidup terus ke generasi-generasi berikutnya. Jadi ayo guys! Jangan pake batik ke kondangan aja, pake juga batik pas nongkrong, travelling, jalan-jalan dan kegiatan-kegiatan casual kamu yang lainnya.

Sponsored content

Comments

comments


Passionate about Fashion

IBX582A9544C304A