Alternatif Syal: Batik | GUDBOI

Alternatif Syal: Batik

By  |  0 Comments

 Sebelumnya aku tidak sreg akan konsep syal bagi cowok, sebelum kau berpikir yang aneh-aneh, dengarkan alasanku terlebih dahulu. Pertama, aku tinggal di daerah tropis, yang kebanyakan waktu adalah panas, jadi aku tidak mengerti mengapa aku membutuhkan syal. Kedua, ya, aku menganggap cowok yang memakai syal di Jakarta (daerah tropis) adalah aneh, karena syal hanya cocok untuk mereka yang sedang berkemah di gunung. Dan ternyata aku salah.



Sebagai bagian dari pekerjaanku, aku harus melakukan perjalanan (travelling) yang cukup banyak. Terkadang, dalam seminggu, aku harus terbang dari satu kota ke kota yang lain. Saat mengikuti penerbangan yang lebih dari dua jam, maka kau akan mengerti mengapa aku menganjurkan setiap cowok setidaknya memiliki syal. Suhu udara di dalam pesawat sangat dingin dan terkadang, hanya mengandalkan jaketmu tidaklah cukup. Disinilah fungsi syal secara tepat dipakai.

st_0921_MensTrends_06

Sumber: TheGlobeandmail.com

Syal yang ideal adalah yang cukup lebar bagimu untuk dijadikan selimut tambahan, ringan, dan berfungsi sebagai asesorismu. Yang patut kubanggakan sebagai bangsa Indonesia, kita memiliki banyak pilihan untuk memilih berbagai kain tradisional, termasuk batik, untuk dijadikan sebagai syal dengan beberapa keunggulan. Pertama, kau akan membantu melestarikan kebudayaan bangsa saat menggunakan kain tradisional dan jika kau pergi ke luar negeri, kemungkinan besar kau akan tampil berbeda. Kedua, harga batik yang cukup terjangkau dibandingkan syal dari brand luar negeri. Jika kau bisa membayar lebih murah dan dengan kualitas yang sama (bahkan lebih baik), mengapa tidak?

2014-12-27_11.42.18

Worangashop

 Cara terbaik yang bisa kau lakukan untuk mendapatkan syal batik adalah membeli kain batik tanpa perlu merubah fungsinya.  Kau tahu, jika kau membeli bahan batik untuk membuat kemeja, biasanya kain batik telah dipotong dengan ukuran tertentu, seperti dengan panjang 1,2-1,5 meter. Trikku adalah membeli bahan batik tsb tanpa perlu dirubah sama sekali (sekalipun jika kau mau, kau bisa menjahit ujung-ujung kain batik agar terlihat lebih rapih). Trik berikutnya adalah tentu saja memilih motif kain batik yang unik. Kalau kau sempat, cari berbagai brand lokal yang menjual kain batik dengan motif unik dan cocok dipakai untuk anak muda. Salah satu brand lokal yang bisa kau lihat adalah WorangaShop.

@Titoley

(Menswear Blogger & Personal Stylist)

Comments

comments


titoley

Writer, Menswear Blogger, & Personal stylist

IBX582A9544C304A