5 Tempat Wisata Warna-warni Pelangi yang Mampu Bikin Kamu Jatuh Hati | GUDBOI

5 Tempat Wisata Warna-warni Pelangi yang Mampu Bikin Kamu Jatuh Hati

By  |  1 Comment

Kamu tak perlu ke luar negeri untuk melihat tempat wisata yang warna-warni atau “kota pelangi” karena Indonesia punya banyak tempat yang berwarna-warni.



 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari website yang memberikan harga terbaik tiket pesawat Wings Air, Garuda Indonesia, Lion Air, serta maskapai penerbangan lainnya, Reservasi.com. Berikut tempat wisata warna-warni mirip pelangi di Indonesia yang dijamin bisa bikin kamu jatuh hati:

  1. Kampung Jodipan

Kampung warna-warni di malang hadir berkat gagasan tujuh orang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang memiliki tujuan ingin menyulap kawasan yang dulunya kumuh menjadi penuh warna.

Warna warni kampung Jodipan | gotravelly.com

  • Alamat : Jl. Juanda gang I Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing
  • Biaya masuk untuk berkunjung ke Kampung Jodipan sebesar Rp2.000. Kamu juga bisa berpartisipasi untuk membeli stiker sebesar Rp2.000 yang digunakan untuk membantu biaya perawatan, inovasi gambar, kebersihan dan lain-lain.
  • Akses menuju kampung warna- warni Jodipan:

Kamu yang ingin berkunjung ke kampung pelangi ini, jika dari terminal Arjosari kamu bisa naik angkot AMG yang melintas melewati kampung warna-warni Jodipan, Malang.

  1. Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi jadi salah satu destinasi selfie favorit yang ramai dikunjungi para generasi milenial.

Dahulunya, Kampung Pelangi ini adalah perumahan kumuh yang berada di Kampung Wonosari, Randusari, Semarang, Jawa Tengah. Namun hingga akhirnya kampung ini berubah menjadi cantik lantaran terinspirasi dari Kampung Warna-warni dan Kampung Triadi di Malang.

Jembatan di kampung pelangi | detik.com

Dalam sebulan, kawasan yang tadinya terlihat biasanya saja, kini berubah menjadi rupawan.  Sekitar 232 rumah dihias menggunakan cat berwarna-warni.

Tiap atap rumah diberi setidaknya tiga warna yang berbeda. Dinding yang ada di sana pun diberi hiasan berupa lukisan 3D yang sangat artistik. Supaya makin menarik, jembatan dan bangku-bangku di sana pun dilukis Dana yang digelontorkan pemerintah untuk proyek ini adalah sekitar 300 juta rupiah.
Berkat indahnya destinasi ini banyak beberapa media asing seperti boredpanda, lonely planet, vogue, news.co.au, dan masih banyak lagi, mulai menyorot tempat wisata yang instagramable ini.

  1. Kuburan Kereta Purwakarta

Siapa sangka ternyata tak hanya ada kuburan manusia saja, namun ada juga kuburan kereta di Purwakarta.
Kuburan Kereta itulah nama dari gerbong-gerbong tua bekas yang disusun rapi bertingkat tiga. Warna-warni gerbong yang  punya warna dan jenis berbeda-beda membuat tempat wisata ini menarik perhatian.

Tumpukan gerbong kereta | avafkecil.blogspot.com

Rata-rata gerbong yang menempati kuburan kereta ini berusia puluhan tahun. Ada sekitar 181 KRL di tempat ini, seperti gerbong bekas KRL Rheostatik, BN-Holec, dan Hitachi. Selain itu ada pula gerbong bekas KRL AC seri Toyo Rapid 1000 dan Tokyo Metro 5000, serta yang lainnya.

  • Kuburan kereta berada di belakang Stasiun Purwakarta, tepatnya berada di Jalan K.K Singawinata No.1, Nagri Tengah, Purwakarta, Jawa Barat.
  1. Taman Veteran Bandung

Taman Veteran Bandung ini sangat unik, bentuknya segitiga dan dikelilingi dengan pipa pipa warna warni nan menarik. Lokasinya yang berada di persimpangan Jalan Ahmad Yani dan Jalan Veteran Bandung menjadikan tempat wisata ini mudah untuk dikunjungi.

Pipa warna-warni | infobdg.com

Saat malam taman ini lebih indah lagi lho, warnanya yang bergradasi. Dari atas berwarna mudah hingga ke paling bawah berwarna lebih tua. Oranye, kuning, hijau, biru dan ungu semakin mempercantik keberadaan Taman Veteran Bandung. Cahaya yang menyembul keluar dari pipa pipa yang dilubangi membuat taman ini begitu indah.

  1. Kampung Code

Yogyakarta tidak cuma berisi Malioboro atau keraton saja, karena Yogyakarta juga punya kampung warna-warni yaitu Kampung Code.

Dahulu kampung ini biasa saja, namun sekarang menjelma menjadi karya seni nan memukau berkat jasa seorang arsitek sekaligus seorang arsitek, Romo YB Manguwijaya.

Tak hanya membuat kampung ini menjadi lebih berwarna, namun Romo Mangun juga membuat fasilitas umum seperti tempat MCK, sumur dan tempat pertemuan warga.

Tempat pertemuan warga di tengah-tengah pemukiman itu sampai sekarang masih tetap seperti aslinya. Konstruksi rumah tidak mengalami perubahan namun hanya dicat ulang pada tiang dan dindingnya.

Menurut warga seperti yang dilansir dari Detik.com, di sekitar tahun 1980-an wilayah tersebut merupakan rumah-rumah bambu yang kumuh dan tidak tertata.

Pada pertengahan tahun 1980-an, (alm) Romo Mangunwijaya bersama para mahasiswa dan relawan kemudian menata kawasan pemukiman. Warga tetap boleh menempatinya. Rumah-rumah ditata dengan baik mengikuti kontur alam di tempat itu.

Rumah warna-warni | nfjournalisme.blogspot.com

Lalu pada tahun 2015, rumah-rumah yang ada di Kampung Code ini dicat dengan warna-warni sehingga menyerupai perkampungan di Rio de Janeiro, Brazil.
Kamu yang datang ke sini bisa sekedar berjalan-jalan di sepanjang pinggir sungai atau dari atas jembatan Gondolayu.

Tak hanya para traveler saja yang berburu datang ke sini, namun para mahasiswa arsirektur dari Yogyakarta dan luar kota juga sering datang ke sini untuk belajar mengenai bangunan rumah yang dibuat Romo Mangun.

Nah, kamu mau liburan ke tempat tadi? Gampang nih, kamu bisa cek harga tiket pesawat di www.reservasi.com dan dapatkan harga ekonomis dengan diskon hingga Rp1 Juta.

Comments

comments


Passionate about Fashion

IBX582A9544C304A